Langsung ke konten utama

Road to Rinjani



Rinjani, gunung dengan sejuta pemandangan indah. Ingin aku kesana (kapan kita kesana sahabat Erlanggaku). Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl setelah Gunung Kerinci 3.805 mdpl (gunung yang telah kita daki bersama he..he…). Gunung ini adalah gunung favorit bagi para pendaki Indonesia karena pemandangannya yang memanjakan hati.

Berikut adalah beberapa data-data mengenai pendakian Gunung Rinjani yang saya himpun dari beberapa sumber.

Gunung Rinjani berada dibawah 3 kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera, dan di kaldera ini terdapat Segara anak (danau) dengan luas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m.

Perjalanan akan dimulai menuju desa Sembalun (700 mdpl), selanjutnya dari desa sembalun anda akan melapor ke Pos Taman Nasional Gunung Rinjani.

Now here we go to the next level

Post 1 (1300 mdpl)

Perjalanan menuju pos 1 ditempuh paling cepat 2,5 jam. Kondisi rute mendaki dan melewati padang rumput. Perjalanan selanjutnya dilakukan menuju pos 2 (1500 mdpl) dengan waktu tempuh 2,5 jam.

Pos 2 (1500 mdpl)

Biasanya pada pos ini para pendaki istirahat dan makan siang. Di pos ini terdapat pula sumber mata air.

Pos3 (1800 mdpl)

Perjalanan menuju pos 3 dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kondisi rute padang rumput. Setelah melewati pos 3, pendakian dilanjutkan menuju pelawangan Sembalun (2639 mdpl). Dibutuhkan waktu 3 jam untuk sampai pada sembalun dengan rute menanjak. Umumnya para pendaki akan menginap semalam di pos ini. Pada tempat ini juga merupakan spot yang baik untuk menyaksiksn sunset dan sunrise keesokan harinya.

Dini hari (kira-kira pukul 2 pagi) yang cukup dingin umumnya para pendaki telah bersiap-siap untuk menaklukkan gunung Rinjani (3726 mdpl). Pada titik ini dibutuhkan kesiapan mental dan fisik yang kuat karena medan yang cukup berat. Perjalanan menuju puncak Rinjani dapat ditempuh dalam waktu 3 jam. Beratnya medan seakan terlupakan dan terbayar sudah setelah menyaksikan indahnya alam semesta maha karya Tuhan Yang Maha Kuasa di puncak Rinjani (3726 mdpl ). Setibanya di puncak anda hanya punya waktu 1 jam untuk mengagumi maha karya Tuhan Yang Maha Kuasa yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Setelah itu bersiap-siap untuk kembali menuju Pelawangan sembalun dengan waktu tempuh 2 jam, dengan rute menurun. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Segara Anak dengan waktu tempuh 2 jam, dengan rute perjalanan menurun terjal. Di danau ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus melepas letih mulai dari memancing sampai mandi belerang. Setelah itu pendakian dilanjutkan menuju pelawangan Senaru (2650 mdpl), ditempuh dengan kurun waktu 2,5 jam dan menginap dipelawangan senaru.

Keesokan harinya berkemaslah tinggalkan jejak dan bawalah sejuta kenangan indah yang terekam dalam photo dan hati nurani kalian semua para pendaki pecinta alam.

Keseluruhan pendakian dapat dicapai dalam waktu 3 hari 2 malam.

So are u ready for next challenge……..?

Sumber :

Wikipedia dan peta dari lombok-network.com

Lombok Travel Online

Bali Outbond Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOOTERS

Hooters, restoran yang satu ini terbilang sangat berani mendarat di Indonesia. Berangkat dari Negara asalnya USA Florida Hooters hadir di Asia tenggara, Hooters Thailand dan Hooters Singapura dan sekarang Hooters Jakarta. Berada di kawasan Kemang yang terkenal dengan kawasan gaul Jakarta bagi kalangan anak muda dengan market menengah keatas pada umumnya membuat keberadaan hooters tidak sekontroversi ketika playboy mendarat di Indonesia. Well hooters bukanlah playboy yang menampilkan photo2 seksi dan nude. Hooters adalah restoran dengan pelayan2 yang cantik dan seksi dengan celana pendek dan tanktop. Saya1 juga masih cukup jarang lihat meme2 yang membaas hooters, kenapa meme yang saya bahas, karena Indonesia ini sangat kreatif urusan yang satu ini.ha..ha..ha.. Satu lagi, biasanya kalau ada yang seperti ini, ada beberapa oraganisasi kemasyarakatan yang sangat anti dengan hal ini, tapi itupun saya kurang mendengarnya, I don’t know why? Okay, have you been there? Yes

Kejurda Climbing Jakarta (Photo)

Cekidot agan-agan, aksi para Climbers Jakarta beraksi, photo-photo ini diambil pada saat kategori Speed Climbing Putra dan Putri .... Orientasi Para Peserta, Membaca jalur Speed Climbing Category Putri Sesam Atlet Jakarta Timur Beraksi Speed Climbing Putra FYI : Climbing class for public, open tuesday (18:00 to 21:00 pm)           Thursday (18:00 to 21:00pm)           Sunday morning (09:00 to 14:00 pm)           Cost : Rp 70,000,-/Visit           Cp Panji/fb Jakarta Climbers

Koleksi Museum Wayang - Kota Tua Jakarta

Kalau kemaren ane posting sebagian koleksi museum bank mandiri..sekarang ane coba posting sebagian koleksi Museum Wayang yang terletak diwilayah Kota Tua. Perjalanan menuju museum wayang sebenarny saya laksanakan bersamaan ketika mengunjungi museum mandiri. Diwilayah kota tua masih ada museum BI..namun pada saat kunjungan saya kewilayah kota Museum BI tutup brotha and sista. So inilah photo-photo sebagian koleksi dari Museum Wayang Kota Tua Jakarta.