Langsung ke konten utama

MUDIK

Tradisi mudik sepertinya sudah menjadi budaya negaraku Indonesia, aku tidak tau apakah ada negara lain yang menjalankan budaya ini juga. Indonesia bukan satu-satunya negara yang menjalankan Idul Fitri, namun sepertinya hanya Indonesia yang punya ritual budaya ini, hal ini kusimpulkan karena semua media baik cetak maupun televisi tidak ada yang pernah membandingkan budaya ini dengan negara lain dalam rangka merayakan Idul Fitri. Berkumpul bersama keluarga dan saling memaafkan dikampung halaman memang sebuah kebahagian tersendiri, meskipun saya tidak menjalankannya. Aku tau nikmatnya karena aku melakukan hal yang sama di waktu yang berbeda, yaitu semasa Natal tiba. Bercanda bersama keluarga yang selama satu tahun penuh terpisah memang sangat mengharukan, bertukar cerita dan saling berbagi itu sangat indah rasanya.
Ritual mudik kerap kali tidak seindah hasilnya, proses menuju kampung halaman adalah sebuah perjuangan, jalanan yang tak kunjung mulus, dari tahun ke tahun selalu dikebut perbaikannya menjelang lebaran. Terkadang aku berpikir "Apakah Negeraku baru pertama kali melaksanakan mudik?", kemacetan parah masih menjadi bayang- bayang pemudik. Entah mengapa rasanya perbaikan itu hanya dikebut menjelang lebaran saja. Harapan saya perbaikan dilakukan sepanjang tahun agar jika tiba saatnya nanti hanya diperlukan maintenance sederhana yang tidak perlu mengganggu lalu lintas pemudik lagi.

Teman- teman tidak semua orang dapat mudik karena tuntuntan profesi, rasanya ini beberapa profesi yang jarang mudik karena harus bekerja maksimal pada saat ritual Mudik :

1. Polisi

Polisi turut bertanggung jawab atas keamanan dan kelancaran pemudik, mungkin ada sistem rotasi untuk jatah mudik.(mungkin karena saya tidak tau bagaimana aturannya). Terima kasih Pak Polisi

2. Reporter TV

Memburu berita mudik adalah pekerjaan yang ekstra, meliput dipinggir jalanan menjadi kegiatan sehari-hari, debu jalanan menjadi makanan sehari-hari demi berita dan menyampaikan informasi kepada pemirsa mengenai kepadatan lalu lintas dan beberapa jalur alternatif. Hal inilah yang kerap kali menjadi penghalang bagi para reporter ini untuk mudik.

3. Penyiar televisi

Sepertinya profesi ini juga sulit mendapatkan kesempatan mudik, mungkin untuk berkumpul dengan keluarga mereka mensiasati dengan memboyong keluarga di kampung halaman ke jakarta.(tentu rasanya tetap berbeda). Terkadang saya bertanya, honornya berapa yah untuk siaran selama jelang lebaran..ha..ha..ha..

4. Driver bus, Masinis, Nahkoda dan Pilot

Jika daerah tujuan merupakan kampung halaman mungkin bisa sambil menyelam minum air, sambil mengantar pemudik sambil singgah sebentar ke-kampung halaman.Tapi apakah sempat? Ini adalah masa dimana mereka sangat sibuk, masa dimana mereka mendapatkan rejeki yang lebih. Terima kasih juga untuk yang berprofesi seperti mereka, tampa mereka pemudik tidak bisa sampai dikampung halaman. (SAFETY RIDING FIRST)

5. Dinas perhubungan

Selain polisi saya rasa dinas perhubungan salah satu departmen yang sangat disoroti terkait kelancaran mudik. Pengaturan moda transportasi dan ketersedian moda tentunya menjadi perhatian khusus oleh dinas perhubungan, pekerjaan ini mungkin terpaksa membuat mereka tidak dapat menjalankan ritual budaya mudik.



Saya rasa ada banyak profesi lain diluar sana yang tidak dapat menjalakan mudik karena tuntutan pekerjaan mereka. Semoga mereka tetap dapat merayakan Idul Fitri dengan hikmat meskipun jauh dari orang-orang Tercinta.

Kepada lima profesi diatas, saya sangat ber-terima kasih dan angkat topi bagi kalian, meskipun saya tidak mudik tapi rasanya kalian layak mendapatkan ucapan Terima Kasih dari para pemudik.

Semoga kiranya ditahun-tahun berikut kita bisa lebih baik dalam persiapan menyambut mudik agar semakin banyak rakyat Indonesia yang rindu akan kampung halaman dapat Mudik dan merayakan Idul Fitri dikampung halamannya.


Sebagai penutup saya ucapakan
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
AMIN....

Komentar

Posting Komentar

Leave comment please

Postingan populer dari blog ini

HOOTERS

Hooters, restoran yang satu ini terbilang sangat berani mendarat di Indonesia. Berangkat dari Negara asalnya USA Florida Hooters hadir di Asia tenggara, Hooters Thailand dan Hooters Singapura dan sekarang Hooters Jakarta. Berada di kawasan Kemang yang terkenal dengan kawasan gaul Jakarta bagi kalangan anak muda dengan market menengah keatas pada umumnya membuat keberadaan hooters tidak sekontroversi ketika playboy mendarat di Indonesia. Well hooters bukanlah playboy yang menampilkan photo2 seksi dan nude. Hooters adalah restoran dengan pelayan2 yang cantik dan seksi dengan celana pendek dan tanktop. Saya1 juga masih cukup jarang lihat meme2 yang membaas hooters, kenapa meme yang saya bahas, karena Indonesia ini sangat kreatif urusan yang satu ini.ha..ha..ha.. Satu lagi, biasanya kalau ada yang seperti ini, ada beberapa oraganisasi kemasyarakatan yang sangat anti dengan hal ini, tapi itupun saya kurang mendengarnya, I don’t know why? Okay, have you been there? Yes

Kejurda Climbing Jakarta (Photo)

Cekidot agan-agan, aksi para Climbers Jakarta beraksi, photo-photo ini diambil pada saat kategori Speed Climbing Putra dan Putri .... Orientasi Para Peserta, Membaca jalur Speed Climbing Category Putri Sesam Atlet Jakarta Timur Beraksi Speed Climbing Putra FYI : Climbing class for public, open tuesday (18:00 to 21:00 pm)           Thursday (18:00 to 21:00pm)           Sunday morning (09:00 to 14:00 pm)           Cost : Rp 70,000,-/Visit           Cp Panji/fb Jakarta Climbers

DANUR OR NIGHT BUS

GW nonton film ini straight, habis nonton Danur gw nonton Night Bus. Secara genre kedua film ini berbeda, satu horror yang satu lagi drama action. Let's talk about Danur first. Danur Danur film horor yang mengisahkan seoranganak yang bersahabt dengan 3 setan kecil dari dia kecil. Risa namanya, anak yang bersahabat dengan 3 setan tersebut. 3 setan ini adalah setan yang baik yang menemanin risa ketika risa kesepian di rumah, Risa secara tidak sengaja memanggi ketiga setan tersebut lewat sebuah lagu, dan dia tidak menyadari kalau ketiga anak itu adalah setan. Risa terpisah dengan mereka sejak sang ibu mulai curiga dan resah dengan tingkah laku Risa. akhirnya ibu Risa memanggil orang pintar dan menunjukkan wujud asli ketiga anak kecil itu ke Risa, si orang pintar membuka mata batin Risa, dan menjelaskan bahwasanya bau yang dia cium itu adalah bau mayat atau danur, semenjak kejadian itu Risa tidak bertemu lagi denan mereka sampai suatu ketika dia kembali kerumah itu untuk mera